Orang yang bisa membuat semua hal yang sulit menjadi mudah dipahami, yang rumit menjadi mudah dimengerti, atau yang sukar menjadi mudah dilakukan, itulah pendidik yang sejati.

Selamat hari pendidikan nasional 2 Mei

RAGAM MESIN (SOAL) PART 2

Posted by

Gambaran Umum Mesin-Mesin    
  1. Apa yang kamu ketahui tentang mesin : Potong, Gerinda, Serut, Jigsaw, Kompressor?
Jawab :
      Penjelasan Mesin :
a         Mesin Potong : merupakan alat potong yang biasanya untuk memotong bahan-bahan yang terbuat dari logam atau kayu. Mesin ini memiliki satu deretan mata potong pada kelilingnya yang masing-masing berlaku sebagai pemotong tersendiri pada daur putaran.
b         Mesin Gerinda : merupakan alat penghalus atau perata permukaan dengan cara menggosok, mengauskan dengan gesekan atau mengasah. Gerinda dirancang untuk menyelesaikan part dengan permukaan silinder, datar atau penyelesaian permukaan dalam, jenis permukaan yang akan dikerjaan sangat menentukan jenis dari mesin gerinda yang akan digunakan.
c         Mesin Serut : merupakan mesin dengan pahat pemotong ulak-alik, yang mengambil potongan berupa garis lurus dengan menggerakkan benda kerja menyilang jejak dari pahat sehingga menimbulkan permukaan yang rata, bagaimanapun juga bentuk pahatnya. Kesempurnaan hasil tidak tergantung pada ketelitiannya.
d         Mesin Jig Saw : merupakan mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda kerja sama halnya dengan mesin gergaji. Pada umumnya operasi pemotongan dengan panjang terbatas. Pisau gergaji mesin ini merupakan pisau baja bervariasi dari panjang 300 mm sampai 900 mm, dibuat dengan ketebalan 1,3 mm samapi 3,1 mm untuk pengoperasian dengan kecepatan tinggi.
e         Mesin Kompressor : merupakan mesin untuk pekerjaan bengkel, mesin ini digerakkan dengan sebuah motor. Motor penggerak ini nantinya akan menggerakkan belt yang terhubung dengan alat pemasok udara torak atau turbin, kemudian disimpan dalam tabung dan dikeluarkan melali hose (selang) angin bertekanan tinggi.           

  1. Jelaskan prinsip kerja mesin potong kayu dan logam?
Jawab:
      Prinsip kerja mesin potong kayu atau logam :
a         Benda kerja diam dan mesin bergerak vertikal maupun horizontal, dimana nantinya pisau pahat akan memotong benda tersebut.
b         Bahan yang akan dipotong akan terpotong dengan mata pisau mesin dengan melepaskan logam dalam bentuk serpihan kecil dan sudut potong mata pisau harus tajam sehingga dihasilkan potongan yang baik.

  1. Sebutkan 3 jenis desain umum dari pemotong?
Jawab:
      3 jenis desain umum dari pemotong :
a         Pemotong arbor : pemotong ini mempunyai lubang dipusatkan untuk pemasangan arbor
b         Pemotong tangkai : pemotong jenis ini mempunyai tangkai lurus atau tirus yang menjadi satu badan dengan pemotong.
c         Pemotong muka : pemotong ini dibuat atau dipegang pada ujung arbor pendek dan biasanya dipakai untuk permukaan rata.

  1. Jelaskan prinsip kerja mesin gerinda tangan dan gerinda diam?
Jawab:
      Prinsip kerja mesin gerinda ;
a         Benda kerja harus digeser hampir keseluruh lebar dari roda selama tiap putaran, dalam penyelesaian pergeseran

  1. Sebutkan beberapa keuntungan dari mesin gerinda?
Jawab:
Keuntungan dari mesin gerinda :
a         Merupakan metode yang umum dari pemotongan bahan
b         Penyelesaian pekerjaan sangat halus.
c         Dapat menyelesaikan pekerjaan sampai ukuran teliti.
d         Tekanan pelepasan logam dalam proses ini kecil.

  1. Jelaskan prinsip kerja mesin serut (ketam) kayu?
Jawab:
      Prinsip kerja mesin serut :
a         Roda gigi dengan berputar cepat termasuk rotor dan 2 mata pahat dari motor penggerak dengan gaya inersi beberapa kali dengan satu jalur lintasan.
b         Pada Mesin serut benda kerja digerakkan terhadap pahat yang stasioner dengan penggerak pada meja mesin serut adalah roda gigi atau secara hidrolis. Meja kerja pada mesin serut dikonstruksi dengan celah T pada permukaannya untuk memberi pegangan dan pengapitan dari suku cadang yang harus dimesin. Benda kerja pada mesin serut umumnya dipegang dengan mengapit langsung kepada platan.

  1. Jelaskan prinsip kerja mesin jigsaw?
Jawab:
Prinsip kerja mesin jigsaw :
a         Mesin yang mempunyai selang gurdi, sekrup sayap, dan sebagainya, mesin tidak dibatasi oleh operasi penggurdian.
b         Mesin dihidupkan dengan menekan saklar sumber daya listrik, mata gergaji naik turun dan bantalan benda kerja diarahkan ke benda kerja yang akan dipotong sesuai ukuran yang diinginkan dan menghasilkan serbuk kayu.

  1. Sebutkan jenis2 dari mesin jigsaw?
Jawab:
      Jenis2 mesin jigsaw :
a         Mesin jigsaw ulak-alik
b         Mesin jigsaw bulat
c         Mesin Jigsaw sabuk (belt)

  1. Jelaskan prinsip kerja mesin kompressor?
Jawab:
Prinsip kerja mesin kompressor :
a         Mesin dihidupkan dengan sumber tenaga listrik atau motor berbahan bakar, sehingga torak atau turbin penghisap dapat digerakkan dengan bantuan belt dan mendapatkan udara  yang disimpan pada tabung udara. Kemudian katup dibuka untuk menyalurkan udara ke selang.

Sistem Keselamatan
  1. Alat keselamatan apa saja yang diperlukan sebelum menggunakan mesin-mesin seperti soal no. 1 & jelaskan fungsi masing2 alat keselamatan tersebut?
Jawab:
Alat keselamatan yang diperlukan :
a         Kacamata Teknik : melindungi mata dari tatal, geram atau serpihan-serpihan tajam pada saat melakukan pembubutan, pemotongan atau penghalusan benda kerja.
b         Sarung Tangan : melindungi tangan dari iritasi dan cedera akibat tatal, geram, serpihan tajam, minyak atau terlalu kasar dan kotornya benda kerja, saat melakukan pengerjaan kasar pemotongan atau  penghalusan benda kerja.
c         Masker :  melindungi hidung dari iritasi akibat bau-bauan yang terlalu tajam/menyengat yang dihasilkan dari proses pemotongan, sekrap, penghalusan, bahkan dari minyak yang bergesekan dengan logam
d         Pelindung Telinga : melindungi telinga dari suara-suara yang terlalu bising akibat dari proses pemotongan besi atau kayu, penyerutan, penggerindaan.
e         Wearpack : melindungi badan operator dari cedera akibat serpihan-serpihan panas yang melompat saat melakukan pembubutan, sekrap, pengeboran, penyerutan dan melindungi tubuh dari kotor akibat pengerjaan kasar.
f          Sepatu Kets : melindungi kaki dari lecet dan terjatuh akibat terlalu licin daerah kerja.

  1. Sebutkan langkah pertama dari sistem pengoperasian singkat mesin-mesin sebelum ke pengoperasian sesungguhnya?
Jawab:
Langkah pertama sistem pengoperasian singkat mesin-mesin :
a         Pergunakan Wearpack, Sarung Tangan, Masker, Kaca Mata Teknik dan Pelindung Telinga (untuk pekerjaan dengan tingkat kebisingan tinggi).
b         Sumber listrik 220 – 380VAC
c         Posisi mesin dan benda kerja diletakkan ditempat yang rata dan jauh dari benda-benda atau barang-barang yang mudah terbakar dan meledak.
d         Untuk penjelasan lengkap baca Instruction Manual dari mesin-mesin tersebut

  1. Sebutkan 3 saja beberapa hal yang harus dipahami sebelum menggunakan mesin-mesin & peralatan pendukung lainnya?
Jawab:
      Beberapa hal yang harus dipahami sebelum menggunakan mesin-mesin & peralatan pendukung.
a         Semua sumber daya yang digunakan mesin-mesin ini berasal dari sumber listrik, tetapi semua mesin-mesin ini sudah dilengkapi sistem keamanan ganda  untuk menghindari bahaya korsleting listrik dan hal lainnya.
b         Pastikan ruangan cukup bebas untuk melakukan proses yang dialami benda kerja dengan menggunakan mesin-mesin yang sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan.
c         Perhatikan ruangan tempat proses pengerjaan yang akan dilakukan, hindari tempat yang lembab, basah, hujan dan dekat dengan benda-benda atau barang yang mudah terbakar dan meledak.
d         Jauhkan semua peralatan terutama sumber utamanya listrik, dari jangkauan anak-anak.
e         Semua mesin & peralatan pendukung disimpan dalam tempat yang kokoh dan kering.
f          Jangan menggunakan mesin secara berlebihan, diluar dari batas yang telah dianjurkan. Lakukan sesuai dengan buku pedoman penggunaan dari pabrik pembuat.
g         Posisi penggunaan mesin-mesin dianjurkan dari sebelah kanan dan jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah, sesuaikan dengan jenis pekerjaan yang akan dilakukan.
h         Jangan menggunakan pakaian yang terlalu panjang atau terlalu pendek, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dianjurkan menggunakan pakaian tahan api atau warepack.
i           Bila rambut panjang agar diikat sebelum menggunakan mesin-mesin dengan jenis pekerjaan yang rumit.
j           Pergunakan selalu sarung tangan, masker dan kacamata pelindung. Untuk menghindari bahaya percikan sisa material dan gas yang dihasilkan benda kerja.
k         Jangan menyimpan mesin yang telah digunakan sebelum melepas sumber power, mencabut mata pemotong, dan membersihkan sisa-sisa material.
l           Biasakan bekerja dengan hati-hati dan rileks, hindari tempat penyangga / tempat benda kerja diletakkan yang tidak rata atau bergelombang.
m       Jangan menambah atau memodifikasi mesin-mesin diluar spesifikasi yang ditetapkan oleh pabrik pembuat.
n         Lakukan pengecekan mesin-meisn dengan hati-hati, matikan sumber listriknya, hindari tangan basah dan telanjang. Lumasi bagian-bagian penting saja dan jangan berlebihan.
o         Bila tidak digunakan dalam jangka panjang, lepaskan bagian-bagian penting mesin seperti mata pisau dan asesoris lainnya.
p         Jangan mencabut kabel kontaknya sebelum mematikan dari tombol mesin itu sendiri.
q         Gunakan kabel penghubung yang bagus dan aman bila menggunakan mesin-mesin jauh dari jangkauan sumber listriknya.
r          Jangan menggunakan mesin-mesin bila dalam kondisi, lelah, sakit, minum obat dan pandangan mata berkurang.
s         Jangan menggunakan mesin-mesin sambil bersenda gurau, merokok, ngobrol, makan atau minum.
t          Gunakan peralatan pendukung sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilakukan dan sesuai dengan anjuran pabrik pembuat mesin tersebut.
u         Perhatikan kondisi mesin dan peralatan pendukung apakah dalam kondisi stabil dan aman digunakan
v         Pastikan menggunakan komponen pengganti sesuai dengan anjuran pabrik pembuat mesin tersebut.
w       Jangan membuka bagian dalam mesin sebelum melepas kabel penghubung dari sumber listriknya.
x         Hubungi teknisi yang berpengalaman untuk menangani mesin-mesin bila dalam kondisi rusak.
Pastikan membaca seluruh buku pedoman pengoperasian mesin-mesin sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan dilakukan.    

Teknik Pengoperasian
  1. Jelaskan cara atau teknik pengoperasian yang aman mesin potong besi (portable cut-off)?
Jawab:
      Pengoperasian mesin potong besi :
a         Pasang benda kerja seperti pipa bulat, besi kotak, plat besi, besi siku, dsb, ke Vise Plate kemudian ditekan dengan mengatur Vise Handle.
b         Benda kerja yang panjang harus ditopang dengan balok kayu sebelum pemotongan berlangsung.
c         Pasang kabel penghubung ke stop kontak dan pastikan kabel kondisi normal, aman, tidak melilit dan tidak ketarik.
d         Hidupkan mesin dengan menekan dan manahan tombol trigger, serta secara perlahan lengan pemotong diturunkan.
e         Selesaikan pemotongan dengan baik dan lepaskan tombol trigger setelah proses pemotongan selesai.
f          Perhatian : sisa material yg keluar berupa tatal panas dan dapat menyebabkan iritasi kulit

  1. Jelaskan cara atau teknik pengoperasian yang aman mesin potong kayu (circular saw)?
Jawab:
Pengoperasian mesin potong kayu :
a         Letakkan benda kerja berupa papan, triplek dsb pada penopang kayu / besi yang kokoh dan rata.
b         Setting tingkat akurasi pemotongan dengan Guide Rule.
c         Pasang kabel penghubung ke stop kontak dan pastikan kabel kondisi normal, aman, tidak melilit dan tidak ketarik.
d         Hidupkan mesin dengan menekan dan manahan tombol trigger, jika pemotongan berlangsung lama bisa menekan tombol Lock Button.
e         Arahkan mesin kedepan secara perlahan-lahan sampai benda kerja terpotong dengan sempurna.
f          Untuk mematikan mesin, tekan tombol trigger dan lepaskan.

  1. Jelaskan cara atau teknik pengoperasian yang aman mesin jig saw?
Jawab:
Pengoperasian mesin jig saw :
a         Letakkan benda kerja berupa papan, triplek, besi kotak, plat tipis, dsb pada penopang kayu / besi yang kokoh dan rata.
b         Buka 2 plastik pelindung.
c         Pasang mata pisau sesuai dengan benda kerja yang akan dipotong menggunakan kunci L dan kencangkan (arah mata pisau kedepan). Pasang plastik pelindung pisau.
d         Setting tingkat akurasi pemotongan dengan Guide Rule. (Jika pemotongan lurus)
e         Setting kecepatan sesuai dengan ketebalan benda kerja (normal posisi 5).
f          Pasang kabel penghubung ke stop kontak dan pastikan kabel kondisi normal, aman, tidak melilit dan tidak ketarik.
g         Hidupkan mesin dengan menekan dan manahan tombol trigger, jika pemotongan berlangsung lama bisa memindahkan kearah belakang tombol Lock Lever.
h         Arahkan mesin kedepan secara perlahan-lahan sampai benda kerja terpotong dengan sempurna.
i           Untuk mematikan mesin, arahkan kedepan tombol Lock Lever dan lepaskan tombol

  1. Jelaskan cara atau teknik pengoperasian yang aman mesin serut kayu (power planner)?
Jawab:
      Pengoperasian mesin serut kayu :
a         Letakkan benda kerja berupa papan, triplek dsb pada penopang kayu / besi yang kokoh dan rata.
b         Untuk akurasi pemotongan gunakan Cutting Line.
c         Setting kedalaman mata pisau.
d         Pasang kabel penghubung ke stop kontak dan pastikan kabel kondisi normal, aman, tidak melilit dan tidak ketarik.
e         Hidupkan mesin dengan menekan dan manahan tombol trigger, jika pemotongan berlangsung lama bisa menekan tombol Lock Button.
f          Arahkan mesin kedepan secara perlahan-lahan sampai benda kerja rata dan halus
g         Untuk mematikan mesin, tekan tombol trigger dan lepaskan.
h         Perhatian : sisa material keluar dari sebelah kanan dan menyebar, gunakan nozzle yang panjang untuk sisa material yang lebih

  1. Jelaskan cara atau teknik pengoperasian yang aman mesin gerinda tangan (angle grinder)?
Jawab:
      Pengoperasian mesin gerinda tangan :
a         Posisi benda kerja bebas, tergantung tingkat kesulitan pengerjaan.
b         Pasang kabel penghubung ke stop kontak dan pastikan kabel kondisi normal, aman, tidak melilit dan tidak ketarik.
c         Hidupkan mesin dengan memindahkan saklar ke posisi ON
d         Arahkan mesin secara perlahan-lahan dari berbagai posisi (pertimbangkan tingkat kesulitan) secara teratur dan aman, sampai benda kerja terlihat rata dan halus. (Biasanya pengerjaan ini setelah proses pengelasan selesai)
e         Untuk mematikan mesin, pindahkan saklar ke posisi OFF
f          Perhatian : sisa material yang keluar berupa tatal panas dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

  1. Jelaskan cara atau teknik pengoperasian yang aman mesin bor tangan (hammer drill)?
Jawab:
Pengoperasian mesin bor tangan :
a         Posisi benda kerja bebas, tergantung tingkat kesulitan pengerjaan.
b         Pasang mata bor sesuai dengan ukuran yang  ditetapkan, kencangkan dengan Chuck Key.
c         Untuk pengerjaan kayu atau besi putar knob ke posisi pengerjaan kayu atau besi, untuk pengerjaan beton putar knob ke posisi pengerjaan beton.
d         Pasang kabel penghubung ke stop kontak dan pastikan kabel kondisi normal, aman, tidak melilit dan tidak ketarik.
e         Hidupkan mesin dengan menekan tombol trigger & tekan tombol lock  jika pengerjaan yang dilakukan lama.
f          Arahkan mesin secara perlahan-lahan kebenda kerja secara teratur dan konstan.
g         Untuk mematikan mesin, pindahkan saklar ke posisi OFF
h         Perhatian : sisa material yang keluar berupa tatal panas yang menyebar & dapat menyebabkan iritasi pada kulit tangan.

  1. Jelaskan cara atau teknik pengoperasian yang aman mesin kompressor ?
Jawab:
      Pengoperasian mesin kompressor :
a         Pasang pipa fleksibel dengan spray gun ke pipa kompressor.
b         Hidupkan mesin dengan menarik keatas tombol saklar ke posisi ON.
c         Mesin segera mengisi angin ke tabung kompressor dan akan mati secara otomatis jika melewati batas yang sudah ditentukan. (Lihat panel jarum penunjuk).
d         Buka kran pipa pada kompressor untuk menyalurkan angin ke pipa fleksibel dan buka kran pada spray gun jika ingin melakukan proses pengecatan.
e         Matikan mesin dengan menekan kebawah tombol saklar ke posisi OFF.
f          Perhatian : Proses pengecatan harus dilingkungan terbuka, agar tidak menggangu pernafasan.

  1. Jelaskan cara atau teknik penggunaan yang aman ragum, palu & gergaji besi manual ?
Jawab:
      Pengoperasian ragum, palu, gergaji besi manual :


Gambar 
Sebutkan bagian2 utama dari mesin dibawah ini :
Jawab:
      Mesin Potong
a.       Saklar ON / OFF
b.       Motor penggerak
c.       Pisau potong (jenis plat gerinda tipis untuk besi)
d.       Steker & kabel listrik
e.       Penjepit benda kerja

  1. Sebutkan bagian2 utama dari mesin dibawah ini :
            Jawab:
      Mesin Gerinda Diam
a.       Mata Gerinda Ganda (tipe kasar untuk pemakanan yang tebal dan banyak)
b.       Tempat meletakkan benda kerja.
c.       Motor penggerak ganda step by step
d.       Saklar ON / OFF


  1. Sebutkan bagian2 utama dari mesin dibawah ini :
            Jawab:
      Mesin Serut
a.       Saklar ON / OFF
b.       Kabel & steker listrik
c.       Tombol putar pengatur kedalaman mata pahat
d.       Belt & tempat 2 mata pahat.


  1. Sebutkan bagian2 utama dari mesin dibawah ini :
Jawab:
      Mesin Kompressor
a.       Motor penggerak
b.       Torak ataut turbin penghisap udara/angin dan selang fluida bertekanan
c.       Tabung penampung udara/angin
d.       Selang & spray gun

  1. Sebutkan bagian2 utama dari mesin di bawah ini :
            Jawab: 
Mesin Jig Saw
a.       Saklar ON / OFF
b.       Motor penggerak
c.       Rumah gergaji vertikal
d.       Steker & kabel listrik
e.       Mata gergaji (logam & kayu)
f.        Base (penyangga mesin jigsaw)


Blog, Updated at: 15:10

2 comments:

  1. They explore every online fashion store with passion and shop whatever
    they like. Primary Colors, Secondary Colors &
    Tertiary ColorsThe primary colors red, blue, yellow,
    purple color and some like black color. Whatever the colour,
    heel, product, length, or price, theres a pair just right for you!
    People with spring coloring should look for Fashion styling courses, future stylists should consider various aspects before joining an institute.



    Have a look at my web page; Ao so mi nam

    ReplyDelete

Disarankan berkomentar menggunakan OpenID. Komentar SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup) otomatis tidak akan muncul.

Dapatkan Update Terbaru

Subscribe via Email

Like This!!!

Google+ Saya