Detik tidak pernah melangkah mundur
Tapi kertas putih itu selalu ada
Waktu tidak pernah berjalan mundur dan hari tidak pernah terulang
Tetapi panji selalu menawarkan cerita yang baru
Untuk semua pertanyaan yang belum sempat terjawab.

Cara Upload File, HTML, CSS, Javascript Di Google Drive

Posted by

Cara Mudah Hosting Javascript Ke Google Drive - Wahyu onlySebelumnya saya mau Upload File Javascript Ke Google Code. namun kemarin download yang merupakan bagian dari tahap upload file ke Google Code sudah tidak ada. setelah saya lihat pemberitahuanya ternyata Google memang telah menutup layanan download pada Google Code, baik untuk proyek-proyek yang baru dibuat maupun proyek-proyek yang sebelumnya sudah dibuat. Perbedaannya, untuk proyek-proyek yang baru dibuat, seperti yang terjadi, tidak akan ada lagi layanan download mulai akhir Mei kemarin, sedangkan untuk proyek-proyek yang sebelumnya sudah ada, masih tetap tersedia layanan download sampai tanggal 14 Januari 2014.hal ini sendiri terjadi, karena Google merasa telah terjadi peningkatan yang signifikan pada kekerasan akibat penyalahgunaan pelayanan, dan oleh karenanya, baik yang sebelumnya telah memiliki proyek pada Google Code maupun yang belum untuk segera berpindah ke Google Drive.

Dan sekarang saya akan memberikan tutorial yaitu Cara Mudah Hosting/Upload Javascript Ke Google Drive. Kenapa harus Google drive? Karena Di dalam Google Drive kita akan dimanjakan dengan banyaknya Aplikasi yang disediakan oleh Google , mulai dari Pengolah kata , Pengolah angka , Formulir , Presentasi , Pemutar Lagu , Video , Pembuatan Contact Form + Upload File (Integrasi dengan JOTFORM) , terus Alat konversi File , dan masih banyak lagi yang ngga mungkin disebutin satu2...!

Nah karena pada siang kali ini saya ingin membagikan Tulisan sederhana untuk memaksimalkan Kode Script yang sudah kita hosting ke Google Drive agar bisa berfungsi di Blog atau Website kita , kalau kalian mau coba silahkan ikuti langkah2nya dibawah ini :

1. Masuk ke Drive kalian masing2 atau bisa Klik Disini.

2. lalu buat sebuah Folder untuk mengumpulkan File Proyek kita dalam satu tempat , tujuannya untuk memudahkan sobat dalam mengatur File2 tersebut diwaktu mendatang ketika File yang sobat miliki bertambah banyak.

3. kalau sudah silahkan lihat di bagian Kiri atas terdapat tombol berwarna merah dengan panah putih menunjuk ke arah atas , kalau sudah kelihatan silahkan di Klik untuk mengupload File kode Script yang ingin digunakan , nanti akan muncul 2 buah pilihan yaitu File dan aktifkan unggahan Folder , khusus untuk unggahan Folder hanya bisa dilakukan jika Browser milik sobat memang mendukung Upload satu Folder atau sobat sebelumnya sudah mendownload Drive untuk PC , nah kalau ngga ada dua2nya terpaksa sobat pilih yang File saja , tapi tenang disitu kita masih bisa melakukan Drag untuk File2 yang ingin di Upload.

4. Tunggu Unggahannya selesai.

5. Kalau sudah selesai di Upload coba Klik kanan pada File yang ingin digunakan ke Website atau blog kalian , kemudian Pilih Bagikan atau Share , nanti akan muncul tampilan seperti di bawah ini :
Cara Mudah Hosting Javascript Ke Google Drive
6. Yang harus kalian lakukan pertama-tama adalah mengubah Privasi file tersebut , coba lihat digambar atas itu bertuliskan Pribadi , jadi klik Tulisan ubah yang berwarna biru  nanti akan muncul lagi tampilan Pop-up seperti di bawah ini , kemudian Pilih Opsi Publik di Web :
Cara Mudah Hosting Javascript Ke Google Drive

7. Pilih Simpan , kemudian lihat kembali di bagian bawah tulisan tautan berbagi disitu ada sekumpulan URL , lalu Copy URL yang ada disana !!!
Cara Mudah Hosting Javascript Ke Google Drive

8. Berikut ini adalah contoh File yang sudah saya Upload , File ini adalah JavaScript Emoticon di blog ini :

https://docs.google.com/file/d/0B5s9AXHK0hFhLXFjeVptY1dnZzA/edit?usp=sharing

Silahkan kalian buka File itu , nanti kalian akan di bawa ke halaman yang tampilannya mirip dengan Syntax Highlighter , Tapi jika kalian menggunakan Struktur URL seperti itu maka kodenya sama sekali tidak akan berfungsi, jadi yang harus kalian lakukan adalah mengubah Struktur URL diatas menjadi seperti dibawah ini :

https://googledrive.com/host/Kodefile

Ganti Tulisan "Kodefile" yang berwarna Merah diatas. dan untuk mendapatkan kodenya coba lihat lagi URL yang saya kasih di bagian pertama tadi :

 https://docs.google.com/file/d/0B5s9AXHK0hFhLXFjeVptY1dnZzA/edit?usp=sharing

Yang saya kasih warna Orange itulah kode Filenya, dan setelah diterapkan akan menjadi seperti dibawah ini :

https://googledrive.com/host/0B5s9AXHK0hFhLXFjeVptY1dnZzA


dan coba buka URL diatas lalu lihat hasilnya , sama seperti ketika kalian menghosting File ke Yourjavascript atau googlecode kan ? nah Struktur URL itulah yang bisa berfungsi untuk diterapkan ke Blog kita , lalu dibagian ini kalian juga bisa meletakkan ekstensi .js .css .html .php atau yang lainnya tapi harus sesuai dengan Bahasa Pemrograman yang kalian Host.

9. Kemudian untuk penerapannya ke Blog atau website kita ngga ada perbedaan kok dengan saat menghosting File ke GoogleCode , yah kurang lebih kayak gini :

Untuk File Javascript strukturnya seperti ini :

<scripttype="text/javascript" src="https://googledrive.com/host/0B5s9AXHK0hFhLXFjeVptY1dnZzA/"></script>

10. Yah silahkan pasang di Blog masing2 sesuai Fungsi dari File itu , hehehe

Oke gimana menurut kalian semua apakah ribet atau gimana , ?? kalo menurut saya pribadi sihh sama sekali ngga ada ribetnya, Jadi ayo kita Migrasi Sob ,daripada di Google Code kan Sudah di tutup,lagian di GoogleCode terus kan bosen.. tampilannya cuma gitu-gitu aja , mending di Google Drive kita bisa puas ngedengerin musik , main game terus ngedit Foto sambil ngedit Kode CSS , atau javascript sesuka hati, keren kan , karena itulah yang membuat Google menjadi besar , mereka sama sekali ngga memberatkan para penggunanya , justru sebaliknya mereka begitu memberikan Pelayanan maksimal untuk kita hanya saja sebagian dari kita belum ada yang tahu cara memaksimalkannya.


Blog, Updated at: 11:59

0 comments:

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan OpenID. Komentar SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup) otomatis tidak akan muncul.

Dapatkan Update Terbaru

Subscribe via Email

Like This!!!

Google+ Saya