Orang yang bisa membuat semua hal yang sulit menjadi mudah dipahami, yang rumit menjadi mudah dimengerti, atau yang sukar menjadi mudah dilakukan, itulah pendidik yang sejati.

Selamat hari pendidikan nasional 2 Mei

Kokologi, Game Psikologi Penggali Potensi

Posted by


Seberapa enjoy anda mengikuti tes psikologi untuk mengetahui personal diri sendiri seperti TPA, Jung Test, atau Personality Test? Saya cukup yakin mayoritas jawabannya adalah kurang menikmati tes-tes tersebut dikarenakan merasa tes-tes tersebut cukup memeras otak dan tingkat kefokusan kita. Atas dasar pemikiran ini seorang ahli psikologi, Profesor Isamu Saito membuat Kokologi yang bertujuan untuk mengenal kepribadian seseorang melalui serangkaian permainan.

Kokologi yang Menyenangkan
Kokologi berasal dari gabungan bahasa Jepang (kokoro yang berarti pikiran, semangat, perasaan) dan bahasa Yunani (logia yang berarti ilmu). Dapat diartikan Kokologi adalah seri permainan psikologi untuk menyingkap emosi dan sifat tingkah laku seseorang. Fokus utama Kokologi adalah menganalisis psikis terdalam seseorang dengan menggabungkan dua teori psikologi kenamaan, Freud dan Jung. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam Kokologi biasanya mengharuskan kita untuk mengkhayal, berfantasi.
Sasaran utama mengembangkan Kokologi, menurut Tadahiko Nagao, adalah membuatnya menyenangkan. Dalam buku yang dikarangnya bersama Isamu Saito, Kokology: Game Praktis Menggali Potensi Anda, Ia memberikan tips agar permainan Kokologi menjadi menyenangkan:
  • Katakan hal pertama yang muncul di kepala anda
  • Mainkan bersama orang lain
  • Jangan berusaha mengira-ngira jawaban
  • Jujurlan dengan diri sendiri
  • Jangan membaca lembar jawaban lebih awal
  • Lihatlah reaksi orang lain (termasuk diri sendiri)
  • Tetaplah berpikiran terbuka

Let’s play:
RUMAH IMPIAN
Ketika anda jalan-jalan mengitari perumahan, anda melewati jalan yang tidak pernah anda lalui sebelumnya. Di samping jalan, anda melihat sebuah rumah yang menurut anda salah satu rumah impian yang selalu anda inginkan. Sesaat sebelum anda mengagumi rumah itu, anda mengamati bahwa pintu rumah itu setengah terbuka. Mengapa pintu itu terbuka?
     1.      Rumah itu kemalingan
     2.      Pemiliknya lupa menguncinya
     3.      Pemiliknya ada di dalam rumah

BURUNG BIRU
Suatu hari seekor burung berwarna biru masuk ke kamar anda melalui jendela dan terperangkap di dalam. Somehow, anda tertarik untuk memelihara buku ini sehingga anda pun memutuskan untuk memeliharanya. Akan tetapi esok hari anda terkejut karena burung itu berubah warna menjadi kuning! Pun lusa berubah lagi menjadi merah terang, dan di hari ketiga berubah menjadi hitam. Akan berubah menjadi warna apa burung ini ketika anda bangun di hari kelima?
     1.      Burung tidak berubah warna, tetap hitam
     2.      Burung berubah kembali menjadi biru
3.      Burung berubah menjadi putih
4.      Burung berubah menjadi emas

MELUKIS MUG
Sebuah mug berwarna putih polos diserahkan pada anda bersama kuas berwarna biru untuk diberi pola. Kira-kira pola apakah yang akan anda lukis di mug tersebut?
     1.      Garis-garis
     2.      Titik-titik yang menari bersaling-silang
     3.      Centang
     4.      Garis-garis yang berombak



LANGIT BIRU
Pertama bayangkan diri anda memandang hamparan biru langit yang membuat anda begitu bersemangat. Lalu alihkan mata pikiran anda untuk melihat pemandangan lain. Manakah yang membuat anda merasa paling tenang dan santai?
     1.      Dataran penuh salju putih
     2.      Lautan biru
     3.      Gunung yang hijau
     4.      Padang yang penuh dengan bunga matahari

MEMBACA MAJALAH
Anda baru saja membeli majalah mingguan populer dan membawanya pulang untuk dibaca. Bagaimana cara anda membaca isi majalah tersebut?
        1.            Membaca seluruh majalah secara urut dari awal sampai akhir
        2.            Langsung membaca artikel yang menarik dan hanya membaca itu
        3.            Membuka secara acak dan membaca apa saja yang menarik
        4.            Membaca majalah dengan urutan yang selalu sama



Jika sudah selesai memilih, tulislah jawaban anda di selembar kertas kemudian jika sudah yakin tidak akan mengubahnya, anda bisa mendapatkan penjelasannya di LINK JAWABAN.


Blog, Updated at: 21:17

0 comments:

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan OpenID. Komentar SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup) otomatis tidak akan muncul.

Dapatkan Update Terbaru

Subscribe via Email

Like This!!!

Google+ Saya