Orang yang bisa membuat semua hal yang sulit menjadi mudah dipahami, yang rumit menjadi mudah dimengerti, atau yang sukar menjadi mudah dilakukan, itulah pendidik yang sejati.

Selamat hari pendidikan nasional 2 Mei

Bagaimana edit file PDF tanpa menggunakan Adobe Acrobat

Posted by

Format file PDF awalnya diciptakan oleh Adobe pada awal tahun 90-an dan kini ada lebih dari 450 juta dokumen PDF di  tersebar di Google. Bandingkan dengan format DOC yang lebih dulu eksis pada tahun 80-an namun hanya ada sekitar 75 juta filenya saat ini.
Ada beberapa alasan mengapa file PDF sangat populer untuk digunakan sebagai pembuat segala macam dokumen, termasuk presentasi portofolio, gambar CAD, faktur dan bahkan file-file berbentuk hukum. Beberapa alasan diantaranya:
  1. File PDF umumnya lebih kecil dari dokumen sumber namun tetap mempertahankan format aslinya. Anda bahkan dapat membuka file PDF, yang telah dibuat menggunakan Windows PC di komputer-komputer Macintosh atau Linux dan dokumen Anda tetap terlihat sama.
  2. Tidak seperti Word dan format dokumen populer lainnya, isi dari file PDF tidak dapat dimodifikasi dengan mudah. Anda juga dapat mencegah pengguna lain dari pencetakan salinan fisik dokumen PDF Anda.
  3. Dan keuntungan terbesar – Anda dapat melihat file PDF pada hampir semua komputer (atau ponsel) dengan menggunakan web browser atau dengan bantuan perangkat lunak gratisan seperti Adobe Acrobat Reader(program yang khusus hanya dapat membaca saja file PDF).
Sementara PDF hanya dapat “dibaca saja” secara default, ada cara mudah dimana Anda dapat mengedit elemen tertentu dari dokumen PDF secara gratisan tanpa membutuhkan file sumber atau salah satu dari tools pengedit PDF komersial. Berikut beberapa diantaranya:
1. Online PDF Editor
online_pdf_edit
Kunjungi : http://www.pdfescape.com/pdf/account/?r=expire

2. Edit PDF Metadata (Author,PDF Title, dll)
pdf_metadata

Kunjungi: http://www.becyhome.de/download_eng.htm#becypdfmetaedit

3. Edit teks di file PDF
Kunjungi:
http://www.lexcycle.com/desktop
http://www.pdfonline.com/pdf2word/index.asp
http://www.pdftoword.com/default.aspx

4. PDF Editing untuk gambar dan teks
pdf_stamps
Kunjungi:
http://www.docu-track.com/home/prod_user/PDF-XChange_Tools/pdfx_viewer
http://www.inkscape.org/


Blog, Updated at: 10:23

0 comments:

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan OpenID. Komentar SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup) otomatis tidak akan muncul.

Dapatkan Update Terbaru

Subscribe via Email

Like This!!!

Google+ Saya