Posted by : Firdaus Zr Selasa, 24 April 2012


Bagaimana cara menggabungkan beberapa file pdf yang terpisah menjadi satu file ? pertanyaan ini sering muncul ketika membuat sebuah laporan atau makalah yang terdiri dari banyak file berbeda namun harus dijadikan menjadi satu. 

Cara menggabungkan file PDF secara manual
Sebenarnya untuk menggabungkan beberapa file pdf menjadi satu ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Yang pertama adalah dengan cara manual. Yaitu dengan print semua laporan lalu scan menjadi format PDF semua laporan yang telah dicetak. Kalau di kantor biasanya saya menggunakan Scanner HP Scanjet 7000n yang mampu menscan puluhan lembar halaman dalam hitungan detik saja.

Cara menggabungkan file PDF menggunakan software
Namun, jika cara manual diatas dirasa kurang praktis dan memakan waktu padahal kerjaan masih numpuk segudang di meja ( wah lebay banget … hehe ) Anda bisa juga menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu dengan menggunakan software. Pada postingan kali ini saya akan membahas cara menggabungkan file PDF menggunakan 2  software gratisan yang bisa temen-temen download di internet.

PDF Binder
Cara menggabungkan File PDF menggunakan software yang pertama adalah dengan PDF Binder, silahkan googling dengan kata kunci “download pdf binder” untuk mendownload softwarenya. Setelah itu install PDFbinder pada PC Anda. Untuk menggabungkan file pdf yang Anda inginkan, cukup dengan menjalankan program PDFbinder, kemudian klik add files >> lalu klik Blind. Maka Insya Allah, file PDF Anda sudah jadi dengan urutan sesuai dengan urutan yang dibuat saat menambahkan file.

PDF Tools 1.3
Walaupun saya lebih merekomendasikan menggabungkan file PDF menggunakan PDF binder karena dirasa lebih mudah, tapi jika Anda mau tidak ada salahnya untuk mencoba software yang satu ini. Caranya juga sama, silahkan googling dulu untuk download softwarenya kemudian jalankan  dan klik Join Multiple PDFs.
Jika dibanding dengan PDF binder yang hanya bisa digunakan untuk menggabungkan beberapa File PDF menjadi satu, PDF Tools 1.3 ini mempunyai beberapa fitur tambahan yaitu :
  • Encript a PDF
  • Stamp a PDF
  • PDF Creator
  • Decript a PDF
  • Split PDF
  • Rearange a PDF
Jadi , silahkan pilih beberapa cara menggabungkan file pdf diatas mana menurut anda yang paling mudah dilakukan sesuai kondisi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog
online gambling insider.ca

Tanggal Hijriah

Join Now

Like Fans Page

Popular Post

- Copyright © 2013 SCIENCE -SCIENCE-