Orang yang bisa membuat semua hal yang sulit menjadi mudah dipahami, yang rumit menjadi mudah dimengerti, atau yang sukar menjadi mudah dilakukan, itulah pendidik yang sejati.

Selamat hari pendidikan nasional 2 Mei

MACAM – MACAM ATAU JENIS - JENIS KONSTRUKSI MESIN CNC

Posted by

PENGERTIAN MESIN CNC

CNC singkatan dari Computer Numerically Controlled, ) bermuladari 1952 yang  dikembangkan oleh John  Angkatan Udara Amerika Serikat.
CNC  merupakan mesin perkakas yang dilengkapi dengan sistem mekanik dan kontrol berbasis komputer yang mampu membaca instruksi kode N, G, F, T, dan lain-lain, dimana kode-kode tersebut akan menginstruksikan ke mesin CNC agar bekerja sesuai dengan program benda kerja yang akan dibuat. Secara umum cara kerja mesin perkakas CNC tidak berbeda dengan mesin perkakas konvensional. Fungsi CNC dalam hal ini lebih banyak menggantikan pekerjaan operator dalam mesin perkakas konvensional. Misalnya pekerjaan setting tool atau mengatur gerakan pahat sampai pada posisi siap memotong, gerakan pemotongan dan gerakan kembali keposisi awal, dan lain-lain. Demikian pula dengan pengaturan kondisi pemotongan (kecepatan potong, kecepatan makan dan kedalaman pemotongan) serta fungsi pengaturan yang lain seperti penggantian pahat, pengubahan transmisi daya (jumlah putaran poros utama), dan arah putaran poros utama, pengekleman, pengaturan cairan pendingin dan sebagainya.
Mesin perkakas CNC dilengkapi dengan berbagai alat potong yang dapat membuat benda kerja secara presisi dan dapat melakukan interpolasi yang diarahkan secara numerik (berdasarkan angka). Parameter sistem operasi CNC dapat diubah melalui program perangkat lunak (software load program) yang sesuai. Tingkat ketelitian

Jenis Mesin CNC
1.      Mesin CNC Milling 5 Axis
Gambar.1. Mesin CNC 5 axis MB1010X_400

2.      Mesin Bubut CNC
Ini adalah mesin bubut dengan dua arah pergerakan ( axis ) dengan kendali numerik ( CNC )

Gambar.7. Mesin bubut CNC 2 axis ( tool yang bergerak )

3.      Mesin CNC Plasma Cutting
 Gambar.9. Proses pemotongan plat dengan plasma
Gambar.10. Konstruksi rangka cnc plasma cutter
Di bawah ini adalah konstruksi kerja pada mesin CNC plasma pemotong plat, sangat mirip dengan mesin CNC engraving 2.5 axis ataupun scanner 3 dimensi, yang membedakan hanyalah pada mesin plasma ini menggunakan penyembur gas ( plasma ), bukan pahat.
Gambar.11. Gerakan kerja mesin CNC plasma

4.      Mesin Penekuk
Gambar.12. Mesin pembengkok pipa ALFA 70

5.      Mesin milling vertical


6.      Mesin milling horisontal


7.      Mesin milling universal


8.      Mesin milling copy

9.      Mesin milling hobbing

10.  Mesin bubut CNC

11.  Mesin frais CNC


Blog, Updated at: 06:22

2 comments:

  1. Informasi yang bagus....

    Jangan lupa kunjungi halaman ini
    http://mesinantrianmakingsolution.blogspot.co.id
    http://alatskpberkualitas.blogspot.co.id
    --------------------------
    IT Marketing
    PT Cendana Teknika Utama
    0813 1020 7780

    ReplyDelete

Disarankan berkomentar menggunakan OpenID. Komentar SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup) otomatis tidak akan muncul.

Dapatkan Update Terbaru

Subscribe via Email

Like This!!!

Google+ Saya