Orang yang bisa membuat semua hal yang sulit menjadi mudah dipahami, yang rumit menjadi mudah dimengerti, atau yang sukar menjadi mudah dilakukan, itulah pendidik yang sejati.

Selamat hari pendidikan nasional 2 Mei

Mengubah Stres Jadi Motivasi Kerja

Posted by

Rasanya tidak ada pekerjaan yang bebas dari stres. Tekanan itu bisa berasal dari load kerja yang tinggi, kurang cocok dengan atasan, gaji kurang, atau tidak bisa bekerja sama dengan rekan sekerja.

Meski kita tak mungkin menghindari stres, tetapi banyak cara yang bisa kita lakukan agar stres itu justru menjadi motivasi untuk bekerja lebih semangat. Cara mengelola stres mungkin berbeda pada stiap orang. Tetapi secara umum ada beberapa hal yang bisa kita lakukan saat menghadapi stres.


Prioritaskan yang pertama dan terpenting.
Jika Anda sedang dibebani banyak proyek penting sekaligus, tetaplah tenang. Fokus pada tugas yang menjadi prioritas. Bila perlu Anda bisa mengajukan keberatan pada atasan karena Anda berhak untuk mengerjakan apa yang menjadi beban dan target Anda.
 
Tetap terorganisir.
Kerjakan sesuai jadwal setiap pekerjaan yang harus Anda lakukan di tempat kerja. Dengan mengetahui target yang jelas, Anda jadi mengetahui bagaimana membuat perencanaan.
 
Komunikasi.
Terkadang rencana yang sudah disusun tidak bisa berjalan mulus karena berbagai sebab. Karena itu Anda perlu menyampaikan masalah ini pada orang lain yang berkaitan dengan kerja Anda. Mungkin saja ada rekan kerja yang bisa membantu Anda menyelesaikan tugas tersebut.
 
Banyak bergaul
Menjalin kerjasama dan pertemanan dengan rekan kerja dari divisi lain bisa sangat berguna untuk memperlancar pekerjaan. Sesekali luangkan waktu untuk makan siang bersama atau hang out bareng sepulang kerja untuk menjalin kekompakan.
 
Delegasi
Jangan meragukan potensi rekan kerja Anda. Dengan demikian Anda bisa mendelegasikan tugas dan pekerjaan bisa sesuai lebih cepat. Salah satu tujuan dari delegasi tugas kepada bawahan memang untuk mengurangi stres. Meski begitu Anda tetap harus mendampingi agar tidak terjadi kesalahan.


Sumber :http://female.kompas.com


Blog, Updated at: 07:15

0 comments:

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan OpenID. Komentar SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup) otomatis tidak akan muncul.

Dapatkan Update Terbaru

Subscribe via Email

Like This!!!

Google+ Saya