
Bila “terlena”, sebagai pebisnis pemula kita terancam kehilangan produktivitas yang membuat bisnis sulit melesat. Untuk itu, ada lima aturan yang harus dipatuhi ketika Anda memutuskan jadi bos untuk diri sendiri.
1. Kontrak kerja
Walau tak berbentuk perjanjian hitam di atas putih, sebagai pemilik bisnis kita tetap memerlukan panduan job desc untuk diri sendiri agar bisa fokus dan produktif.
2. Pilih tangan kanan terpercaya
Walau sedang enggak mood kerja, saat menjadi pegawai kantoran kita tetap harus menyelesaikan laporan karena ada bos yang mengawasi. Namun, ketika jadi bos untuk diri sendiri hal itu takkan kita temui. Agar tak kelamaan bersantai, milikilah partner kerja yang bisa mengingatkan kita bila produktivitas mulai menurun.
3. Review kerja
Tak hanya karyawan yang perlu Anda review kinerjanya, diri sendiri pun sama. Kesalahan sebagian besar bos ialah lupa “bercermin” sehingga sulit berkembang. Jangan ragu meminta pendapat karyawan atas kinerja Anda sebagai atasan selama ini.
4. Investasi profesional
Percaya pada diri sendiri itu baik, tapi akan lebih baik bila kita mau terus belajar untuk mengembangkan kemampuan diri sekaligus bisnis. Jadi, mulailah berbagi pengalaman dengan para pebisnis lain, bisa dengan ikut komunitas atau membaca buku atau bisa juga ikut pelatihan.
5. Buat timeline target
Buatlah target bulanan, target akan membawa kita untuk terus berkembang dan tak mudah terlena dan terjebak dalam kesuksesan sementara.
Nah, buat Anda yang memilih untuk jadi bos untuk diri sendiri, mulailah terapkan aturan di atas agar sukses menjalani pekerjaan.
sumber: http://female.kompas.com
0 comments:
Post a Comment
Disarankan berkomentar menggunakan OpenID. Komentar SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup) otomatis tidak akan muncul.