Orang yang bisa membuat semua hal yang sulit menjadi mudah dipahami, yang rumit menjadi mudah dimengerti, atau yang sukar menjadi mudah dilakukan, itulah pendidik yang sejati.

Selamat hari pendidikan nasional 2 Mei

Kiat Sukses Menjadi Bos untuk Diri Sendiri

Posted by

Bila ingin bisnis sukses, kita harus mampu menjadi bos untuk diri sendiri. Menjadi bos untuk diri sendiri gampang-gampang susah. Gampang karena kita yang punya kendali, susah karena kadang, harus melawan kemalasan diri sendiri. Ungkap Melinda F. Emerson dalam bukunya Become Your Own Boss In 12 Months.

Bila “terlena”, sebagai pebisnis pemula kita terancam kehilangan produktivitas yang membuat bisnis sulit melesat. Untuk itu, ada lima aturan yang harus dipatuhi ketika Anda memutuskan jadi bos untuk diri sendiri.

1. Kontrak kerja
Walau tak berbentuk perjanjian hitam di atas putih, sebagai pemilik bisnis kita tetap memerlukan panduan job desc untuk diri sendiri agar bisa fokus dan produktif.

2. Pilih tangan kanan terpercaya
Walau sedang enggak mood  kerja, saat menjadi pegawai kantoran kita tetap harus menyelesaikan laporan karena ada bos yang mengawasi. Namun, ketika jadi bos untuk diri sendiri hal itu takkan  kita temui. Agar tak kelamaan bersantai, milikilah partner kerja yang bisa mengingatkan kita bila produktivitas mulai menurun.

3. Review kerja
Tak hanya karyawan yang perlu Anda review kinerjanya, diri sendiri pun sama. Kesalahan sebagian besar bos ialah lupa “bercermin” sehingga sulit berkembang. Jangan ragu meminta pendapat karyawan atas kinerja Anda sebagai atasan selama ini.

4. Investasi profesional
Percaya pada diri sendiri itu baik, tapi akan lebih baik bila kita mau terus belajar untuk mengembangkan kemampuan diri sekaligus bisnis. Jadi, mulailah berbagi pengalaman dengan para pebisnis lain, bisa dengan ikut komunitas atau membaca buku atau bisa  juga ikut pelatihan.

5. Buat timeline target
Buatlah target bulanan, target akan membawa kita untuk terus berkembang dan tak mudah terlena dan terjebak dalam kesuksesan sementara.

Nah, buat Anda yang memilih untuk jadi bos untuk diri sendiri, mulailah terapkan aturan di atas agar sukses menjalani pekerjaan.

sumber: http://female.kompas.com


Blog, Updated at: 18:12

0 comments:

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan OpenID. Komentar SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup) otomatis tidak akan muncul.

Dapatkan Update Terbaru

Subscribe via Email

Like This!!!

Google+ Saya