Orang yang bisa membuat semua hal yang sulit menjadi mudah dipahami, yang rumit menjadi mudah dimengerti, atau yang sukar menjadi mudah dilakukan, itulah pendidik yang sejati.

Selamat hari pendidikan nasional 2 Mei

8 Jurus Ngeles dari Desakan Mentraktir

Posted by

Katakan saja terus terang bahwa Anda sedang tak punya uang.

Lagi tanggung bulan dan disuruh menraktir? Waduh, pasti bikin kepala nyut-nyutan. Tenang, hadapi saja dengan cara ini.

1. Dompet ketinggalan
Ini alasan klasik tapi masih dipakai. Giliran mau bayar, bilang saja dompet ketinggalan. Di antara banyak barang di dalam tas, wajar dong kalau dompet ketinggalan. Lebih pasti lagi, kalau sebelumnya dompet memang disembunyikan di suatu tempat dan tidak ada di tas. Yakin deh, pasti ada salah satu teman yang bersedia membayari dulu, atau mereka berinisiatif untuk mengumpulkan uang terlebih dulu buat bayar bill. Lain kali bila memang ada uang lebih, Anda bisa gantian menraktir mereka.

2. Beri senyuman saja
Ketika diminta traktir oleh teman-teman karena Anda dapat promosi, padahal lagi tanggung bulan, jangan beri jawaban yang mengiyakan atau menolak. Tersenyum saja semanis-manisnya. Biasanya, orang sudah mengerti bahwa Anda menolak dengan halus.

3. Menghindar bertemu muka
Supaya tidak ditagih-tagih lagi untuk mentraktir, usahakan supaya tidak bertemu muka dengan orang-orang yang Anda janjikan ini. Cari saja alasan untuk keluar kantor. Kalau perlu minta tugas luar kota pada bos.

4. "Lain kali ya...."
Kalau Anda mengatakan mau mentraktir besok, tapi ternyata Anda tidak bisa memenuhi, tentu akan membuat mereka kecewa. Sebaiknya katakan seperti ini, "Sebenarnya seru juga menraktir kalian, tapi maaf banget, lain kali saja, ya."

5. Terus terang
Kalau memang lagi tak punya uang, sementara banyak teman minta ditraktir, katakan saja terus terang Anda tak punya uang. Jangan sampai Anda tak mampu berkata tidak, akhirnya malah pinjam sana-sini, Anda sendiri nanti yang pusing membayar utang hanya demi gengsi mau menraktir teman.

6. Ganti dengan yang lebih sederhana
Kalau mau traktir tapi uang enggak cukup, ganti saja dengan yang lebih sederhana. Misalnya, alih-alih mentraktir ke restoran, bawa saja makanan ke kantor untuk disantap bersama. Buat teman di kantor,  nggak ada bedanya kok, dibawakan red velvet cake atau martabak telor. Buat mereka yang penting di kantor ada makanan gratis untuk disantap sambil seru-seruan.

7. Berlagak sibuk
Masih enggak enak juga untuk berkata jujur? Hm... bilang saja Anda sedang banyak pekerjaan, jadi tak sempat memikirkan traktiran. Katakan saja, "Duh, maaf banget ya, hari ini lagi deadline laporan. Enggak bisa ke mana-mana deh. Acara traktirannya nanti saja ya kalau waktunya sudah kosong." Dijamin deh, mereka akan berhenti nodong, dan lama-lama mereka akan lupa dengan janji Anda.

8. Jurus tembak
Jurus menghindar ini juga cukup ampuh. Kalau ditagih, karena Anda sudah menjanjikan, bilang saja, "Ntar ya. lagi sibuk nih!". Terus saja gunakan jurus tembak "Ntar" itu, lama-lama orang juga bosan menanyakannya lagi. Asal Anda siap saja diledek teman-teman.

Nah, bagaimana dengan Anda, apa jurus Anda ngeles dari todongan teman-teman?

sumber:http://female.kompas.com


Blog, Updated at: 05:21

0 comments:

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan OpenID. Komentar SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup) otomatis tidak akan muncul.

Dapatkan Update Terbaru

Subscribe via Email

Like This!!!

Google+ Saya